Semiotika


        Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda supaya dapat mengetahui bagaimana tanda tersebut berfungsi dan menghasilkan suatu makna. Sementara itu, menurut pengertian lain berpendapat bahwa semiotika adalah studi tentang tanda-tanda (sign), fungsi tanda, dan produksi tanda. Dalam hal ini, tanda yang dimaksud nantinya dapat menunjukkan pada makna atau sesuatu hal lainnya yang tersembunyi di balik tanda itu sendiri. Lalu contoh semiotika yang saya ambil adalah tentang sepatu Vans Led Zeppelin yang sangat berarti buat saya.



              Sepatu Vans merupakan salah satu merek sepatu ternama dari Amerika Serikat yang sudah ada sejak 1966. Vans terkenal dengan produksi sepatu karetnya yang memiliki kesan retro dan old school. Led Zeppelin berkolaborasi dengan merek sepatu Vans meluncurkan sepatu dan kaus. Seri ini dikeluarkan bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-50 band rock legendaris itu. Proyek kolaborasi itu diumumkan di akun Twitter Led Zeppelin dan website resmi Vans. Kolaborasi ini menghasilkan dua versi sepatu Led Zeppelin. Masing-masing menampilkan gambar ikonik dari album klasik mereka. Era, salah satu sepatu seri ini, menampilkan simbol-simbol individu anggota band yang disusun di atas material kulit premium. Sepatu lainnya, V8 Sk8-Hi, berbahan suede dan kanvas dengan tulisan Led Zeppelin yang dicetak dengan tinta metalik berwarna perak.

     Sepatu vans led zeppelin yang saya sukai dari warnanya sendiri dan ada kata “ led zeppelin” membuat saya tertarik dan terkejut Ketika dibelikan langsung oleh kakak saya. sepatu Vans Sk8-Hi Led Zeppelin ini dibandrol dengan harga Rp 1,899 juta. Dalam rangka merayakan 50 tahun debut Led Zeppelin, Vans baru saja meluncurkan koleksi khusus yang dijual dalam jumlah terbatas. Band rock n roll yang digawangi Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham ini memang punya fans loyal yang tersebar di seluruh dunia. Sepatu Vans Led Zeppelin ini rilis pada 22 Februari 2019. Pada saat sepatu ini  tiba dirumah, saya terkejut karna tiba tiba kakak saya membelikannya untuk saya, itu momen special bagi saya karena sepatu ini sangat sulit didapatkan karena dijual dalam jumlah terbatas.

     Kata Semiotika menurut Alex Sobur  semiotika berasal dari yunani “semion” yang berarti “tanda”.Tanda itu sendiri didefinisikan sebagai suatu atas dasar konvensi sosial yang tergabung sebelumnya,dapat dianggap memiliki sesuatu yang lain. Dalam buku semiotika komunikasi ,alex sobur mengatakan ,semiotika adalah sesuatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda.Tanda tanda adalah perangkat yang kita  pakai dalam upaya berusaha mencari jalan didunia ini ditengah tengah manusia dan bersama sama manusia. Seperti itulah momen singkat cerita saya sepatu special untuk saya yang mengandung unsur semiotika dalam kehidupan sehari hari itu saja penjelasan dari saya mohon maaf apabila kekurangan dalam mengetik momen singkat ini, Terima kasih.








Comments

Popular Posts